Sabtu, 11 Mei 2013

AKREDITASI GUGUS DEPAN

Sabtu, 11 Mei 2013 Kwartir Cabang 11 15 Grobogan mengirimkan peserta Pelatihan Asesor Akreditasi Gugus Depan dan Data Dasar Gerakan Pramuka di Sanggar Bakti Kwartir Daerah Jawa Tengah. Kegiatan ini dihadiri dan difasilitasi oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Hadir pada kegiatan tersebut adalah perwakilan Kwartir Cabang se Jawa Tengah, Andalan Nasional dan fasilitator dari BPPT yang bekerja sama dengan Kwarnas Gerakan Pramuka. Disampaikan oleh Kak Farid Wadji dari Andalan Nasional bahwa salah satu tujuan Akreditasi Gugus Depan adalah 1) Memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan pendidikan kepramukaan yang tidak memenuhi standar 2) Memotivasi gudep untuk terus menerus melakukan perbaikan. Proses Akreditasi Gugus Depan diawali dengan pendaftaran gugus depan secara online dengan mengakses secara langsung di www.pramuka.or.id. Pelaksanaan pendaftaran Gugus Depan secara Online sebenarnya sangat mudah dan sangat memerlukan kesadaran, kerelaan hati dan komitmen dari setiap gugus depan.
 
Disampaikan pula oleh Kak Faried bahwa, keberhasilan pendafataran gugus depan secara online akan memberikan dampak yang sangat positif terhadap kemajuan Gerakan Pramuka. Data yang disajikan dapat lebih akurat, update dan dapat diakses oleh berbagai khalayak dengan mudah, dengan tetap menjaga kerahasiaan data dari Gugus Depan.
Pelaksanaan Akreditasi Gugus Depan memang tidak memberikan dampak berupa sanksi apapun kepada gugus depan, Namun demikian kembali ditegaskan Oleh Kwarnas bahwa kemajuan Gerakan Pramuka adalah hal utama dan mendesak. Oleh karena itu, diharapkan dengan penuh kesadaran dan keikhlasan gugus depan benar-benar melaksanakan kegiatan akreditasi gugus depan dengan menyajikan data selengkap mungkin. (K Hari)

1 komentar :

  1. sya mau tanya pak, berapa gudep MTS I'ANATUT THULLAB LEBENGJUMUK? PUTRA

    BalasHapus